Kaleidoskop 2017: TM Agung Podomoro Majukan UKM dan Ekonomi Kerakyatan
Foto dok. TM Agung Podomoro |
Menjelang akhir tahun 2017, kilas balik perkembangan Trade Mall (TM) Agung Podomoro mendongkrak pertumbuhan perdagangan yang memayungi kurang Iebih 30.000 pengusaha UKM dari seluruh Indonesia, dengan mengupayakan program-program dan kegiatan yang diutamakan untuk dapat mendorong kemajuan UKM dan ekonomi kerakyatan.
TM Agung Podomoro yang menaungi sembilan proyek Trade Mall yang ada diwilayah Jakarta dan Balikpapan, yang terdiri dari :
• Blok B Tanah Abang
Merupakan pusat grosir tekstil, gramen dan fashion termegah dan teramai se-Asia Tenggara.
• Blok M Square
Dengan target pasar kearah family, yang menawarkan beragam pilihan belanja mulai dari fashion, perhiasan emas, birsa mobil, elektronik, telepon genggam dan F&B ternama.
• Seasons City
Shopping center ini juga dilengkapi Ballroom dan Function Hall sebagai 'Wedding Mall' satu-satunya di Jabodetabek.
• Mangga 2 Square
Memiliki konsep 'Belanja Nyaman, Belanja Untung' yang dikenal sebagai sentra servis elektronik, bursa mobil, pusat hobi dan pusat Gaharu.
• Thamrin City
Merupakan pusat grosir untuk produk Batik Nusantara, Busana Muslim dan pusat oleh-oleh haji terbesar di Indonesia, yang memiliki zona bernuansa Timur Tengah dan Zona Ladies Market.
• LTC Glodok
Terkrnal sebagai pusat perkulakan alat berat, dengan konsep Pusat Perbelanjaan Tehnik terlengkap dan termodern dengan menyediakan gudang penyimpanan bagi para tenant.
• Harco Glodok
Menghadirkan konsep desain gedung arsitektur yang modern dan merupakan One Stop trading yang memiliki gudang penyimpanan tenant, yang terkenal dengan usaha elektronik, audio dan vido, alat listrik, teknik, besi, baja, CCTV dan LED.
• Plaza Kenari Mas
Kawasan niaga yang terkenal dengan perlengkapan alat teknik, alat listrik, lampu hias & LED, sanitari, alat pertukangan, bahan bangunan dan peralatan dapur dengan harga grosir.
• Plaza Balikpapan
Yang sebelumnya dikenal sebagai Balikpapan Center merupakan sebuah mall yang berlokasi dikawasan komersial di Balikpapan dan mengintegrasikan lokasi bisnis dan hiburan, yang berlokasi dekat dengan Bandara Internasionl Balikpapan yang dilengkapi hotel berkelas internasional.
Pemaparan kaleidoskop 2017 TM Agung Podomoro oleh Ho Mely Surjani selaku VP Corporate Marketing TM Agung Podomoro |
Review yang telah dilakukan TM Agung Podomoro Tahun 2017 dan Prospek Bisnis Tahun 2018
Hal ini terbagi menjadi tiga kategori utama, yang selama ini telah dilakukan TM Agung Podomoro yaitu
1. TM mendorong memajukan UKM Ekonomi Kerakyatan.
• Program yang telah dilakukan 2017 dengan tema Belanja Untung, yang berlangsung dari bulan Maret - Desember 2017. Dari total belanja bulan Maret - Oktober 2017 kumpulan poin pembelanja ada sekitar 700 ribu kupon dengan total belanja hampir Rp125 miliar, Tahapan undian sudah dilakukan selama tujuh kali dan puncaknya Grand Prize dibulan Desember 2017.
• Selain itu ada kesepakatan kerjasama mitra di tahun 2017 ini antara FamilyMart dengan tiga Trade Mall yaitu Season City, LTC Glodok, Mangga 2 Square.
• Season City saat ini juga dijadikan sebagai wedding mall di bulan Mei 2017, ada 10 Ballroom atau Function Room yang difungsikan untuk wedding dan selama satu tahun, total penyelenggaraan event sebanyak 500 event wedding.
2. TM sebagai tempat aktifitas masyarakat dan komunitas Jakarta, yang dinamai pusat belanja.
•Sebagai pusat belanja selalu aktif membuat program-program yang bekerjasama dengan komunitas yaitu event donor darah setiap tahun minimal 4 kali Dan bulan Ramadhan bagi-bagi tajil dan ngabuburit di Season City. Job Fair reguler serta kompetisi-kompetis salah satunya video menggunakan drown serta kompetisi foto gedung dan aktifitas di TM.
3. Peran TM dalam kemajuan bisnis para tenant
• Akhir semester II diadakan sosialisasi yang bekerjasama dengan Dirjen Bea dan Cukai bertujuan agar semua kesulitan para tenant terjawab, hal ini dilaksanakan di Blok B Tanah Abang dan ITC Glodok.
• Mengadakan edukasi bisnis online dibeberapa TM, yang sangat berguna apabila tenant mempunyai bisnis online karena akan bersinergi dalam bidang usaha offline yang dijalani saat ini.
• Tenant portal, merupakan aplikasi berbasis android yang berguna untuk komunikasi antara tenant dan pengelola terdiri dari pengecekan tagihan para tenant, pengumuman, pengaduan.
Berbicara prospek Bisnis TM agung Podomoro, Ho Mely Surjani selaku VP Corporate Marketing TM Agung Podomoro mengungkapkan TM Agung Podomoro mempunyai misi kita akan menjadi pusat suatu destinasi belanja dan bisnis nasional dan internasional. "Siapapun orangnya yang mau dari Indonesia maupun Mancanegara kalau datang ke Trade Mall kita dan memang mempunyai tujuan untuk berbelanja barang kebutuhan sehari-hari mereka ataupun berbelanja untuk diperdagangkan kembali seperti reseller", ungkap Ho Mely Surjani pada acara Kaleidoskop TM Agung Podomoro 2017 di APL Tower, (23/10)
Kedepannya TM Agung Podomoro memiliki wacana yang bekerja sama dengan produsen Thailand untuk produk-produk fashion, aksesoris, makanan-makanan khas Thailand yang sangat cocok dengan segmen pasar di Indonesia.
Sebagai info tambahan dalam pembangunan perekonomian di Indonesia UKM selalu digambarkan sebagai sektor yang memiliki peranan penting. Hal ini dikarenakan sebagian besar jumlah penduduknya berpendidikan rendah dan hidup dalam kegiatan usaha kecil baik di sektor tradisional maupun modern. UKM juga memiliki peran yang strategis dalam pembangunan perekonomian nasional, oleh karena itu, selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja juga berperan dalam perindustrian hasil-hasil. Bedasarkan data Kementerian Perindustrian RI, kontribusi sektor UMKM terhadap produk domestik bruto meningkat menjadi 60,34 persen dalam Iima tahun terakhir dari 57,84 persen. Begitu juga serapan tenaga kerja pada sektor ini, meningkat menjadi 97,22 persen dari 96,99 persen pada periode yang sama.
Komentar
Posting Komentar